Selasa, 19 April 2016

Batasan Pengertian Spesies Asli Endemic Eksotik dan Invasive

Indonesia adalah negara kepulauan yang berada diantara 2 benua (Asia dan Australia), 2 samudera (Hindia dan Pasifik) dan 2 paparan (Mediterania dan Pasifik). Sebagai implikasi dari letak bio-geografisnya menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan flora dan fauna yang tinggi dan termasuk dalam 3 besar dunia bersama dengan Brazil di Amerika Selatan dan Zaire di Afrika. Berdasarkan data KemenHut (1999) spesies flora dan fauna yang teridentifikasi di seluruh Indonesia mencapai 8000 spesies flora dan 2.215 spesies fauna (Gambar 1). 
Gambar 1. Presentase Spesies Teridentifikasi (KemenHut,1999)
Dewasa ini muncul beberapa terminologi untuk menyebut spesies,  kaitanya dalam upaya penyelamatan dan perlindungan (konservasi) spesies. Istilah spesies asli (indegenous), endemic, eksotik, dan invasif sering digunakan untuk menunjuk pada spesies. Menurut PP No. 7 Tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa, flora atau fauna yang memiliki status endemik (persebaran terbatas pada suatu wilayah) memiliki prioritas untuk tindakan pengawetan dan penyelamatan (konservasi). Kemudian akan berbeda dengan spesies yang memiliki status invasive dalam pengelolaan kawasan yang ditujukan sebagai kawasan konservasi akan diatur frekuensi dan dominansinya untuk tidak melampaui spesies endemic dari kawasan tersebut. Untuk itu adanya pemahaman dan batasan pengertian dari terminologi tersebut dirasa penting sebagai landasan dalam upaya pengelolaan spesies. 

  • Spesies Asli atau Indegenous 
Spesies asli (native species) atau indegenous merupakan spesies-spesies yang ada pada suatu ekosistem atau kawasan secara alami tanpa ada intervensi manusia atau pengaruh antropogenik. Kehadiran spesies ini baik flora maupun fauna melalui proses alami tanpa adanya bantuan manusia. Dengan kata lain spesies-spesies indegenous dapat ditemukan pada tempat tempat lain dimana sebaran tersebut terjadi secara alami.

Sebagai contoh hewan asli Indonesia adalah Harimau  (Panthera tigris). Binatang ini tersebar luas di benua Asia sejak ratusan tahun . Persebaran alami harimau mencapai daerah Indonesia yang kala itu masih menyatu dengan Asia (Pangea). Saat permukaan air laut meningkat (6.000 – 12.000 tahun yang lalu), beberapa harimau terperangkap di pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Rusa Sambar yang tersebar di Indonesia, Thailand, dan Malaysia juga merupakan hewan asli Indonesia.
  • Spesies Endemic
Spesies endemic adalah spesies-spesies yang hanya terdapat pada suatu ekosistem maupun kawasan sehingga tidak didapati pada kawasan lain (spesifik). Spesies endemic merupakan fenomena alami suatu spesies untuk menjadi unik pada suatu kawasan geografis tertentu. Kawasan tersebut dapat berupa pulau, negara, maupun zona tertentu. 

Sebagai contoh Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) merupakan spesies endemic Sumatera ,Banteng (Bos javanicus) merupakan spesies endemic Jawa dan lain sebagainya. 
Spesies asli belum tentu termasuk spesies endemic wilayah tersebut, namun spesies endemic sudah pasti merupakan spesies asli wilayah tersebut. 
  • Spesies Eksotik
Spesies eksotik merupakan spesies yang yang berkembang di luar habitat (wilayah) aslinya akibat campur tangan manusia baik disengaja ataupun tidak. Beberapa spesies ada yang merusak (bersifat invasif) dan lainnya tidak memiliki dampak negatif bahkan menguntungkan bagi ekosistem dan manusia. 
  • Spesies Invasive

Spesies invasif merupakan spesies yang telah terpapan dan berkembang di luar habitat aslinya akibat campur tangan manusia maupun secara alami hingga dapat berdampak negatif terhadap keberadaan spesies asli maupun endemic suatu kawasan. Spesies invasif danpat menyebar, dan kemungkinan akan menyebabkan kerusakan keanekaragaman hayati, produksi pertanian, atau kesehatan manusia hingga mengubah fungsi ekosistem suatu kawasan. http://eol.org/info/460


Gambar 2. Ilustrasi pengertian terminologi Indegenous, Endemic, Native dan Invasif spesies


Tidak ada komentar:

Posting Komentar